Selasa, 23 April 2013

BHAKTI SOSIAL


Kodim 0611/Garut Hijaukan 

By Pass Tanjung Kemuning



GARUT (KODIM) - Merasa prihatin dengan keadaan lingkungan yang terus mengalami kemunduran dan degradasi akibat minimnya pepohonan, Komando Distrik Militer (Kodim) 0611/Garut menanam sekitar 2.500 batang pohon jenis trembesi, lakaliktus, dan rasamala di sepajang Jalan By Pass Tanjung Kemuning, Desa Tanjung Kemuning, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut, Kamis (18/4).

Gerakan menanam pohon bekerjasama dengan Pemkab Garut khususnya Dinas Kehutanan, Dinas Bina Marga, Dinas Perhubungan, dan Dinas Lingkungan Hidup ini juga melibatkan unsur kepolisian, organisasi kemasyarakatan (ormas), dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang ada di Kab. Garut.

Ditemui di sela-sela kegiatan, Dandim 0611/Garut, Letkol CZI Dian Hendriana Surachman mengatakan, gerakan tersebut merupakan program penghijauan yang dicanangkan TNI AD sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam melaksanakan gerakan menanam satu milyar pohon untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, serta mengurangi dampak pemanasan global.

"Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Kodim 0611/Garut untuk turut menghijaukan dan melestarikan kembali lingkungan hidup yang saat ini kualitasnya kian menurun dan mengalami degradasi yang cukup signifikan. Oleh karena itu, kepedulian kita dalam memelihara kelestarian lingkungan hidup perlu dibudayakan," katanya.

Saat ini, lanjutnya, beberapa jalur hijau dan lahan produktif telah beralih fungsi. Hutan-hutan kondisinya semakin rusak serta luasnya semakin berkurang. Padahal, kelestarian alam merupakan aspek penting bagi kelangsungan hidup manusia. Akibat kerusakan lingkungan, maka timbulah pemanasan global yang berdampak pada semakin kerapnya terjadi banjir, tanah longsor, dan bencana kekeringan terutama pada saat musim kemarau. 

Kondisi lingkungan hidup yang semakin rusak lambat laun semakin menimbulkan bencana bagi masyarakat luas. Karena itu, dandim mengajak semua pihak untuk bersama-sama melestarikan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar